Berita
Universitas Wahid Hasyim

post thumbail
16 September 2021

    FE Unwahas Perluas Kerja Sama Demi Akselerasi Dukung Merdeka Belajar

    UNWAHAS – Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) memperluas terobosan kerja sama dengan banyak pemangku kepentingan. Perluasan kolaborasi Unwahas tersebut bagian dari akselerasi atau percepatan mendukung pelaksanaan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan keterlibatan kampus, pemerintah dan masyarakat.

    “Salah satunya kami menggandeng Bapelitbang Kabupaten Batang,” kata Dekan FE Unwahas, Dr Hasan, saat diselenggarakan Diskusi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema program magang mahasiswa, Rabu 15 September 2021.

    “Di dalamnya mencakup kerja sama untuk menempatkan mahasiswa magang di instansi pemerintah. Kami menilai Bapelitbangda Batang institusi tepat membuka cakrawala ilmu pengetahuan bagi sivitas akademika melalui magang di era merdeka belajar.”

    Forum video konferensi ini diikuti ratusan mahasiswa FE Unwahas, dengan mengundang pula narasumber Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bagus Pambudi PhD mewakili Kepala Bapelitbang Ari Yudianto SH. Selebihnya hadir narasumber pembanding Dosen Rosida Ayuningtyas SE MEk dan moderator dosen Ernawati Budi Astuti SE Msi. Agenda akademi itu ikut diinisiasi Prodi Manajemen FE Unwahas.

    Hasan menambahkan kebijakan Merdeka Belajar yang digulirkan Kemendikbudristek didalamnya mencakup kesempatan belajar dan magang pada mahasiswa. Program magang ini mendapatkan pengakuan akademi melalui sistem penyetaraan satuan kredit semester (SKS). Hasilnya, magang yang dijalankan mahasiswa tidak akan sia-sia melainkan bermanfaat maksimal mempertajam kompetensi yang dimiliki.

    “Namun demikian dalam merdeka belajar program magang butuh dipersiapkan dengan baik oleh kampus. Misal dengan membuat nota kesepakatan dan kerja sama dengan instansi mitra. Sebagaimana halnya yang dilakukan Unwahas dan Bapelitbang Batang,” tambah Hasan.

    Dikatakan melalui program semacam ini pula ke depan akan dapat diperbanyak riset dosen dan mahasiswa didukung institusi lain. Bagus Pambudi yang merupakan alumnus doktoral dari Jepang menyatakan pihaknya membuka diri untuk membantu kampus dalam program magang mahasiswa.

    Sejauh ini Bapelitbang Batang sudah menerima banyak mahasiswa untuk program semacam ini dari berbagai perguruan tinggi. Dukungan ini juga bagian dari turut memperkuat mutu dan kualitas pendidikan tinggi di Tanah Air. ( SM 16/9 )

FE Unwahas Perluas Kerja Sama Demi Akselerasi Dukung Merdeka Belajar
logo-kampus-merdeka