Berita
Universitas Wahid Hasyim

post thumbail
8 Desember 2023

    Dosen Fakultas Farmasi Unwahas Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Permen Jelly Dari Teh Hijau Matcha Sebagai Pengendali Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Di Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

    UNWAHAS – Dosen Fakultas Farmasi UNWAHAS melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 13 Agustus 2023 dengan memberikan Pelatihan Pembuatan Permen Jelly dari Teh Hijau Matcha Sebagai Pengendali Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus di Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Kegiatan ini diketuai oleh apt. Khoirul Anwar, M.Farm. dengan anggota yang terdiri dari Anita Dwi Puspitasari, S.Si., M.Pd., Farikha Maharani, S.T., M.T. Beberapa mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi juga ikut serta dalam kegiatan ini, yaitu  Atika Busro Ulama, Lutfi Nurul Arifah, Cindy Gresita, Zheggy Wicaksana Abdul.

    Dalam kegiatan ini, terdapat 25 orang dari ibu PKK mendapatkan pelatihan Pembuatan Permen Jelly dari Teh Hijau Matcha Sebagai Pengendali Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus di Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.  Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait informasi tentang penyakit DM dan pengobatan komplementer dan alternatif DM serta peningkatan ekonomi masyarakat. Adanya kegiatan ini, diharapkan warga masyarakat Kelurahan Kalisegoro dapat lebih memanfaatkan teh hijau matcha yang dapat diolah menjadi sediaan permen jelly untuk makanan pendamping pada pengobatan diabetes dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat dengan menjual produk permen jelly teh hijau matcha.

    Hasil pengabdian berupa teori terkait dengan penyakit diabetes mellitus dapat dipahami oleh peserta pengabdian. Sebanyak 20 orang dari 25 peserta dapat menjawab pertanyaan pretest terkait penyebab penyakit dan pengobatan bahan alam untuk penyakit diabetes mellitus. Hasil tutorial didapatkan bahwa produk permen jelly matcha teh hijau menunjukan warna hijau kecoklatan. Hasil permen jelly matcha teh hijau

    Hasil tutorial pembuatan permen jelly didapatkan bahwa sebanyak 20 peserta dapat menjawab pertanyaan postest dan memahami cara pembuatan produk. Berdasarkan hasil tanya jawab secara lisan, didapatkan bahwa sebanyak 15 peserta tertarik untuk melanjutkan hasil pengabdian dengan cara dibuat sendiri di rumah dan dimanfaatkan untuk makanan jamuan keluarga. Hasil pelatihan pembuatan permen jelly matcha teh hijau.

    Selain diadakan pelatihan pembuatan produk, peserta juga diajarkan cara melakukan perizinan PIRT ke Dinas Kesehatan serta cara mendesain stiker pada kemasan produk menggunakan aplikasi gratis via telepon genggam. Hasil pelatihan diperoleh bahwa masyarakat tertarik untuk mendapatkan ilmu dan cara pengolahan bahan alam menjadi makanan kesehatan.

    Seluruh tim pengabdian menghaturkan terima kasih atas dukungan kepada Ketua RT 06 RW 01 Sedayu, Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan masyarakat setempat yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan menerima dengan baik kedatangan Tim Fakultas Farmasi UNWAHAS. Kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Wahid Hasyim yang telah mendanai kegiatan ini melalui DIPA Universitas Wahid Hasyim skema Pengabdian Kompetitif tahun 2023. (TIM)

Dosen Fakultas Farmasi Unwahas Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Permen Jelly Dari Teh Hijau Matcha Sebagai Pengendali Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Di Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang
logo-kampus-merdeka